Menakjubkan, Harta Karun Berusia 132 Tahun Ditemukan Secara Tidak Sengaja oleh Orang Tua Pebalap F1 Ini

By Ardhianto Wahyu Indraputra - Kamis, 8 Maret 2018 | 18:21 WIB
Pebalap Red Bull Racing dari Australia, Daniel Ricciardo, bersiap menjalani sesi latihan kesatu GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jumat (6/10/2017). (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP PHOTO)

Tanpa disengaja, orang tua dari pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, terlibat dalam sebuah penemuan benda bersejarah.

Sebuah pesan botol berusia 132 tahun ditemukan secara tidak sengaja oleh ibu kandung dari pebalap Australia tersebut, Grace Ricciardo bersama temannya Tonya Illman.

Keduanya sedang berjalan menyusuri bukit pasir di Pulau Wedge, Australia Barat, Australia saat secara tidak sengaja melihat sebuah botol yang muncul dari permukaan tanah.

"Teman saya, Grace Ricciardo dan saya sedang berjalan menyeberangi bukit ketika saya melihat sesuatu mencuat dari permukaan tanah. Jadi saya mendekat untuk bisa melihatnya lebih jelas," tutur Tonya Illman seperti dilansir BolaSport.com dari Motorsport.

(Baca Juga: Lewis Hamilton Salahkan MotoGP karena 'Menghancurkan' Sirkuit Catalunya)

Keduanya sendiri tidak menyadari isi botol tersebut sehingga Illman membawanya pulang untuk menjadikannya barang pajangan di rumahnya.

Nilai sejarah dari botol tersebut baru terungkap saat pasir yang memenuhi botol tersebut dikeluarkan dan sebuah kertas ditemukan di dalamnya.

"Kertasnya lembab, digulung dengan ketat, dan diikat dengan benang," ucap istri dari Kym Illman, fotografer paruh waktu di Formula 1 (F1).

"Kami membawanya pulang dan mengeringkannya, lalu ketika kami membukanya, isinya adalah sebuah catatan berbahasa Jerman dalam tulisan tangan yang hampir tidak kelihatan," katanya menambahkan.

Dari lembaran kertas tersebut diketahui bahwa pesan dalam botol tersebut merupakan eksperimen dari Observatorium Angkatan Laut Jerman untuk meneliti arus laut dan jalur perdagangan.