Bakal Catatkan Sejarah di Premier League, Kiper Timnas Filipina Punya Pesan Khusus untuk Penggemar di Asia Tenggara

By Bagas Reza Murti - Selasa, 7 Agustus 2018 | 00:04 WIB
Gelandang Manchester City, Bernardo Silva (kanan), melepaskan tembakan ke gawang Cardiff City yang dikawal kiper Neil Etheridge dalam laga ronde keempat Piala FA di Cardiff City Stadium, Cardiff, Inggris, pada 28 Januari 2018. (GEOFF CADDICK/AFP)

Kiper timnas Filipina yang membela Cardiff City, Neil Etheridge punya pesan khusus untuk para penggemar Liga Inggris di kawasan Asia Tenggara.

Etheridge yang merupakan kiper timnas Filipina, bakal mencatatkan sejarah sebagai pemain Asia Tenggara pertama di Premier League musim 2018-2019.

Ia berpeluang besar melakoni debut ketika Cardiff bertandang ke Bournemouth di matchaday 1 Liga Inggris pada 11 Agustus.

"Saya bangga menjadi orang Filipina - atau setengah Filipina- setengah Innggris. Itu adalah salah satu negara berkembang di dunia sepak bola. Tinju dan basket adalah olahraga lain yang juga digemari di sana," ujar Neil dikutip BolaSport.com dari situs resmi Premier League.

(Baca juga: Kalah dari Bayern Muenchen, Man United Buat Kiper Lawan Menganggur Selama Pertandingan)

Ia berharap dirinya bisa menginspirasi orang-orang Filipina lainnya untuk mengikuti jejaknya sebagai pemain sepak bola profesional.

"Saya ingin melangkah lebih jauh lagi dan meraih prestasi-prestasi lainnya agara Filipina dikenal oleh masyarakat dunia," ujarnya.

"Filipina sangat banyak penduduknya. Jika kami bisa membuka mata mereka (orang-orang Filipina), mungkin mereka melihat cara untuk pergi ke Eropa, meski itu berada di sisi dunia yang lain," tambahnya.

(Baca juga: Debut Marcelo Bielsa, Leeds United Kejutkan Tim Favorit)

Kiper 28 tahun tersebut juga berharap agar klubnya, Cardiff memiliki keuntungan dengan bertambahnya penggemar di kawasan Asia Tenggara.