Sulitnya Chelsea Meraih Clean Sheet

By Theresia Simanjuntak - Jumat, 13 April 2018 | 15:28 WIB
Penyerang West Ham United, Javier Hernandez (kiri), mencetak gol ke gawang Chelsea dalam laga Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London pada 8 April 2018. (IAN KINGTON/AFP)

Chelsea sedang merindukan dua hal. Pertama adalah kemenangan. Kedua ialah clean sheet.

Prestasi sang juara bertahan Liga Inggris terjun bebas di 2018. Dari 11 partai liga yang telah berlangsung tahun ini, Chelsea cuma menang tiga kali.

Kemenangan itu juga atas tim-tim gurem musim ini, yakni Brighton 4-0 (20/1/18), West Brom 3-0 (12/2/18), dan Crystal Palace 2-1 (10/3/18).

Ditambah hasil di berbagai ajang, performa Chelsea belakangan tampak menyedihkan, termasuk dari segi bertahan.

Clean sheet jadi barang langka bagi kubu arahan Antonio Conte. Mereka gagal menjaga gawang tetap steril dalam delapan partai terkini di seluruh kompetisi.

Terakhir kali Chelsea mengamankan clean sheet ialah pada gim kemenangan 4-0 atas Hull City di Piala FA pada pertengahan Februari.

(Baca juga: Kerusuhan antara Pemain Juventus dan Real Madrid Pecah di Terowongan, Pemain Ini Jadi Penengah)

The Blues berpeluang memperbaiki catatan tersebut saat mengunjungi markas tim penghuni zona degradasi, Southampton, Sabtu (14/4/18).

Satu catatan lain buat Chelsea, mereka belakangan cenderung sulit mempertahankan keunggulan.

Terhitung sejak laga melawan Barcelona di babak 16 besar Liga Champion pada 20 Februari, Chelsea enam kali dalam situasi unggul terlebih dahulu.