Banting Setir Jadi Petinju, Ini Alasan Rio Ferdinand

By Taufan Bara Mukti - Selasa, 19 September 2017 | 16:18 WIB
Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand, beraksi sebagai pundit dalam pertandingan Premier League antara United melawan Tottenham Hotspur di Old Trafford, Manchester, Inggris, 8 Agustus 2015. (OLI SCARFF/AFP)

Eks pemain belakang Manchster United, Rio Ferdinand, mengumumkan bahwa dirinya akan segera memulai karier sebagai petinju.

Rio Ferdinand yang memenangkan enam gelar Liga Inggris dan satu gelar Liga Champions itu telah pensiun dari dunia sepak bola sejak 2015.

Dua tahun setelah gantung sepatu, Ferdinand mengejutkan publik dengan keputusannya untuk menjadi petinju.

Ferdinand yang biasanya menjadi pandit sepak bola bahkan menggandeng mantan petinju, Richie Woodhall sebagai pelatih pribadinya.


Anders Lindegaard (kiri), Rio Ferdinand (tengah), dan Michael Carrick saat menjalani tur di Sydney, Australia, pada 20 Juli 2013.(GREG WOOD/AFP)

"Banyak orang menonton pertandingan olahraga dan berkomentar,'Saya bisa lebih baik' atau 'Mereka bermain buruk', saya tak ingin menjadi orang seperti itu dengan terjun langsung menjadi pemain," kata Ferdinand seperti dilansir BolaSport.com dari Evening Standard.

Langkah menjadi petinju itu menurut Ferdinand sebagai tes untuk menguji kemampuan dan potensi yang ia miliki.

"Sejak saya pensiun, saya kehilangan atmosfer kompetisi. Menjadi petinju adalah cara yang baik untuk kembali merasakan atmosfer itu," kata eks pemain belakang timnas Inggris itu.

Ferdinand rencananya akan terjun di pertandingan tinju kelas cruiserweight.