Tak Hanya Formasi Chelsea, Maurizio Sarri Juga Rombak Aturan Mengekang Pemain

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Rabu, 15 Agustus 2018 | 12:49 WIB
Ekspresi pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, sebelum dimulainya laga Liga Inggris kontra Huddersfield Town di Stadion John Smith's, Huddersfield pada 11 Agustus 2018. (OLI SCARFF/AFP)

Kehadiran pelatih Maurizio Sarri benar-benar menjadi pertanda perombakan besar Chelsea terhadap aturan-aturan peninggalan Antonio Conte.

Maurizio Sarri didatangkan Chelsea musim panas ini dengan janji mengubah permainan tim menjadi lebih atraktif nan menghibur.

Pendekatan gaya main menyerang Maurizio Sarri mengedepankan aliran bola lewat poros tengah, yang kini mengandalkan Jorginho via pakem formasi 4-3-3.

Hal itu dinilai menjadi sebuah perombakan besar bagi The Blues mengingat pelatih sebelumnya, Antonio Conte, memiliki corak strategi yang sama sekali tak mirip dengan Sarri.

(Baca Juga: Bertahan di Leicester City, Harry Maguire Bakal Terima Gaji Rp1,39 Miliar Per Pekan) 

Conte familier dengan formasi 3-4-3 melalui skema serangan dari akselerasi duo wingback, Victor Moses dan Marcos Alonso, yang musim lalu tak tergantikan.

Namun, selain itu, kini Maurizio Sarri juga punya aturan baru yang dinilai membuat skuatnya menjadi jauh lebih bebas.

Dilansir BolaSport.com dari laman The Telegraph, Sarri melonggarkan aturan tentang pilihan makanan dan waktu persiapan pemain jelang pertandingan.

Pertama, manajer 59 tahun tersebut mengizinkan pilar Tim London Barat untuk lebih leluasa mengambil berbagai macam pilihan makanan saat berada di kantin kamp latihan dan hotel bila bermain di kandang lawan.