Inilah Filosofi Sepak Bola Pep Guardiola yang Buat Manchester City Jadi Tim Menakutkan Musim Ini

By Sri Mulyati - Selasa, 17 April 2018 | 18:09 WIB
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memeluk Kevin de Bruyne dalam pertandingan Liga Inggris melawan Tottenham Hotspur di Stadion Wembley, London, 14 April 2018. (IAN KINGTON / AFP)

Performa Manchester City di Liga Inggris sepanjang musim 2017-2018 memang menjadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Tim asuhan Pep Guardiola akhirnya keluar sebagai juara Liga Inggris musim ini dengan keunggulan 16 poin dari Manchester United yang menjadi pesaing terdekat.

Guardiola pun mengakui bahwa kesuksesan Manchester City musim ini adalah berkat filosofi sepak bola miliknya yang akhirnya bekerja di musim kedua.

"Kami memiliki gagasan penting untuk selalu memberikan ekstra umpan agar bisa menyatu sebagai sebuah tim," kata Guardiola seperti dilansir BolaSport.com dari situs resmi klub.

"Kami harus terus mendapatkan bola, bukan hanya berlari dan menekan saja karena kami percaya penguasaan bola yang tinggi akan membantu kami mencetak banyak gol," ujar Guardiola.

(Baca Juga: Jeblok, Alexis Sanchez dan Paul Pogba Takkan Dipercaya Jose Mourinho pada Laga Penting Lagi)

Jika tak sedang memegang penguasaan bola, Guardiola menginstruksikan anak asuhnya agar terus berlari.

Sementara jika tengah menguasai bola, Manchester City bisa berusaha mengembangkan permainannya.

"Kami membiarkan para pemain berlari, lalu mencoba untuk menyerang di waktu yang tepat," kata Guardiola.

"Inilah hal yang paling sulit saat bermain sepak bola karena kami harus menentukan waktu yang tepat untuk menyerang," ujar mantan pelatih Barcelona tersebut.