Benarkah Mohamed Salah Musim Ini Tidak Setajam Musim Lalu?

By Firzie A. Idris - Minggu, 16 September 2018 | 20:19 WIB
Penyerang Liverpool FC, Mohamed Salah (kanan), dijatuhkan oleh bek Crystal Palace, Aaron Wan-Bissaka, dalam laga Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London pada 20 Agustus 2018. ( GLYN KIRK/AFP )

Start musim Mohamed Salah di Liverpool tidak sepanas penampilannya musim lalu. Apa yang berbeda dari penyerang asal Mesir tersebut di Liga Inggris 2018-2019 ketimbang kompetisi lalu?

Indikator utama asumsi di atas datang berdasarkan jumlah gol yang telah dicetak Mohamed Salah di Liga Inggris sejauh ini.

Sekilas, catatan Mohamed Salah musim ini dengan musim lalu tak berbeda jauh.

Sejak awal musim, Mohamed Salah "hanya" mencatatkan 2 gol dan 1 assist dari 5 laga pertama Liga Inggris.

Bandingkan dengan start sang pemain musim lalu di mana ia menceploskan 3 gol dan 1 assist dari jumlah laga sama pada awal musim.

Kendati terlihat tipis, perspektif itu menjadi lebih jelas apabila kita menilik algoritma xG (expected goals atau jumlah gol yang seharusnya dicetak oleh sang pemain) Opta musim ini berbanding musim lalu.

Musim ini, angka expected goals Salah berdri di 3,38. Angka tersebut datang dari algoritma Opta yang menghitung kualitas kesempatan mencetak gol yang datang ke sang pemain.

Artinya, Salah mencetak minus 1,38 gol dari ekspektasi, menunjukkan bahwa ia melewatkan beberapa kesempatan emas yang seharusnya berbuah gol.

Perbedaan mencolok dari periode sama musim lalu (5 laga awal musim) adalah sang pemain lebih tajam dengan penyelesaiannya.