Kerajaan Inggris Berikan Gelar Kesatria untuk Kenny Dalglish

By Bagas Reza Murti - Sabtu, 9 Juni 2018 | 17:09 WIB
Mantan manajer sekaligus legenda Liverpool, Kenny Dalglish, diikuti oleh manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, sebelum laga Piala FA antara Manchester United dan Liverpool di Old Trafford, Manchester, pada 9 Januari 2011. (PAUL ELLIS/AFP)

Salah satu legenda Liverpool, Kenny Dalglish mendapat gelar kesatria dari kerajaan Inggris atas kontribusinya terhadap sepak bola, dalam ulang tahun Ratu Elizabeth II, Jumat (8/6/2018).

Kenny Dalglish, biasa dipanggil 'King' ketika ia berada di Anfield namun kini ia resmi dipanggil 'Sir' dimanapun ia berada.

"Yang saya dapat katakan adalah saya tak berhak mendapatkan ini lebih dari Jock Stein, Bill Shankly, dan Bob Paisley," ujar Dalglish dilansir BolaSport.com dari ESPN.

Pria berusia 67 tahun menjalani karier gemilang baik sebagai pemain dan manajer.

Bersama Celtic, ia memenangi 4 titel Liga Skotlandia dan 4 Piala Skotlandia sebelum bergabung ke Liverpool pada 1977.

Bersama The Reds, ia memenangi 6 titel Liga Inggris, dan mencetak 172 gol dari 515 laga.

(Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Sementara sebagai pelatih, Dalglish berhasil memenangi 3 titel Liga bersama Liverpool dan 1 titel bersama Blackburn Rovers.

"Saya beruntung sekali berada di tempat dan waktu yang tepat. Saya ingin mendedikasikan kehormatan ini kepada mereka karena tanpa standar yang diterapkan Glasgow Celtic dan Liverpool, orang seperti saya tak akan bisa berkembang sampai sekarang ini," ujar Dalglish.

Salah satu aksi sosial Dalglish terlihat dalam tragedi Hillsborough, saat laga semifinal Piala FA antara Liverpool melawan Nottingham Forest pada 15 April 1989.