5 Gelandang Bertahan Terbaik di Liga Inggris, Salah Satunya Baru 21 Tahun

By Septian Tambunan - Sabtu, 3 Maret 2018 | 10:47 WIB
Gelandang Manchester United, Nemanja Matic (kiri), berbicara dengan bek Chelsea, Antonio Ruediger, dalam laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, pada 25 Februari 2018. (OLI SCARFF/AFP)

Gelandang bertahan kerap menjadi posisi yang dianggap nomor dua di lapangan. Padahal kini mereka bagai sumber kehidupan timnya di sepak bola modern, bahkan dalam kompetisi sekelas Premier League - kasta teratas Liga Inggris.

Defensive Midfielder pun sering kali disebut gelandang pengangkut air karena selalu bekerja keras dalam setiap pertandingan.

Selain bertugas memutus gempuran lawan, mereka menjadi pengalir bola pertama dari lini belakang ke depan dalam membangun serangan.

Claude Makelele disebut-sebut sebagai pionir yang menyegarkan kembali fungsi dari gelandang bertahan pada era modern.

Setelah itu, sejumlah nama muncul dan beberapa di antaranya disebut sebagai yang terbaik. 

Dikutip BolaSport.com dari Squawka, berikut ini lima gelandang bertahan terbaik di Premier League 2017-2018 hingga pekan ke-28:

5. Eric Dier


Pemain Watford, Richarlison de Andrade (kiri), berdebat dengan gelandang Tottenham Hotspur, Eric Dier, dalam laga Liga Inggris di Stadion Vicarage Road, Watford, pada 2 Desember 2017.(OLLY GREENWOOD/AFP)

Eric Dier adalah satu-satunya pemain Tottenham Hotspur yang bermain dalam 28 pekan Liga Inggris musim ini.

(Baca Juga: Lewati 3 Pemain Chelsea, Romelu Lukaku Ajukan Permintaan kepada FIFA 18)