Liverpool Bayar Biaya Agen Paling Banyak

By Dian Savitri - Kamis, 5 April 2018 | 16:09 WIB
Gelandang Liverpool FC, Alex Oxlade-Chamberlain, merayakan gol yang dicetak ke gawang Manchester City dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris pada 4 April 2018. (ANTHONY DEVLIN/AFP)

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) telah mengeluarkan rincian biaya yang dikeluarkan klub-klub di Liga Inggris, mulai dari Premier League hingga National League.

Total biaya yang dikeluarkan untuk agen oleh klub-klub tersebut pada periode 1 Februari 2017 hingga 31 Januari 2018 mencapai 257 juta poundsterling atau nyaris 5 triliun rupiah.

Jumlah itu naik 37 juta poundsterling dibanding periode sebelumnya.

Kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League menduduki peringkat teratas untuk biaya agen dengan 211 juta poundsterling atau hampir 4,1 triliun rupiah.

(Baca juga: Laga Terbaru Liga Thailand, Dua Pemain Kelahiran Papua Kompak Gigit Jari)

Liverpool menjadi klub dengan pengeluaran terbanyak yaitu 26,8 juta poundsterling atau lebih dari 518 miliar rupiah.

Klub kedua terbanyak adalah Chelsea dengan 25,1 juta poundsterling atau hampir 486 miliar rupiah.

Klub anggota National League, kasta terendah Liga Inggris, Aldershort menjadi klub dengan pengeluaran untuk agen paling sedikit.


Manajer Liverpool FC, Juergen Klopp (kiri), bersalaman dengan Manajer Southampton, Mauricio Pellegrino, dalam laga Liga Inggris di Stadion St. Mary's, Southampton, pada 11 Februari 2018.(ADRIAN DENNIS/AFP)

Mereka hanya mengeluarkan dana sebesar 112 poundsterling atau 2,16 juta rupiah.