Pep Guardiola Merasa Liga Inggris Sudah Seperti El Clasico

By Sri Mulyati - Sabtu, 15 Desember 2018 | 15:05 WIB
Ekspresi pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dalam laga Liga Inggris melawan Manchester United di Stadion Etihad, Manchester pada 11 November 2018. ( www.mancity.com )

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengalami bahwa persaingan di Premier League atau kasta tertinggi Liga Inggris musim ini terasa familiar baginya.

Pep Guardiola mengakui bahwa persaingan Liga Inggris saat ini mirip dengan yang apa yang dialaminya saat melatih Barcelona.

Dalam empat musim yang dilakoninya sebagai pelatih tim utama Barcelona, Guardiola harus menghadapi tekanan dari rival bebuyutan klub di Liga Spanyol, Real Madrid.

"Rasanya sama karena kami mencoba memenangi setiap laga," kata Guardiola dikutip BolaSport.com dari Four Four Two.

"Ketika Anda memimpin perburuan gelar, Anda harus menjaga momen dan pemain tahu akan hal itu," kata Guardiola.

"Bukan hanya Liverpool tetapi Chelsea, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Manchester United juga bisa bergabung dalam perburuan ini," ucap Guardiola.

(Baca Juga: Manchester United Sekarang Masih Jauh dari Filosofi Jose Mourinho)

Guardiola pun mengenang situasi serupa yang ia alami saat harus menghadapi Real Madrid dalam pertarungan yang terkenal sebagai El Clasico.

"Real Madrid saat itu sangat menekan kami dan yang bisa kami lakukan hanyalah selalu meraih kemenangan," ujar Guardiola.

"Kami boleh saja kalah dari mereka tetapi kami harus menang melawan tim lain untuk memenangi gelar," kata Guardiola menambahkan.