Sudah Punya Skuat Oke, Kenapa Liverpool Beli 4 Pemain?

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Selasa, 24 Juli 2018 | 15:31 WIB
Naby Keita melepas tembakan meski dikawal Amos Pieper dalam pertandingan Liverpool vs Borussia Dortmund pada ICC 2018 di Charlotte, 22 Juli 2018. (JIM WATSON/AFP)

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menjelaskan motif pembelian empat pemain baru untuk timnya pada jendela transfer musim panas ini.

Sejauh ini, Liverpool telah mendatangkan empat pemain baru pada bursa transfer musim panas ini dengan total biaya pembelian mencapai 163,98 juta poundsterling atau sekitar Rp 3,126 triliun.

Pemain-pemain itu adalah Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker.

Kehadiran mereka ditengarai sebagai upaya pelatih Juergen Klopp untuk menjadi tim penantang juara baik kompetisi domestik maupun antarklub Eropa.

Meski begitu, pembelian tersebut akan menjadi ancaman bagi para pemain langganan starting XI The Reds, atas kompetisi perebutan tempat utama pada posisi-posisi tertentu.

(Baca Juga: Liverpool Tak Kunjung Raih Gelar Juara bersama Juergen Klopp, Ada Apa?)

Akan tetapi, hal ini justru dinilai positif oleh Juergen Klopp. Sebab, ia memiliki motif khusus, yakni konsistensi permainan.

"Pembelian ini tak hanya membuat kami lebih konsisten, tetapi mendorong kami untuk menciptakan kondisi di mana kami harus lebih konsisten," ucap Juergen Klopp sebagaimana dilansir BolaSport.com dari laman Reuters.

Pelatih yang antarkan Borussia Dortmund juarai Liga Jerman musim 2010-2011 dan 2011-2012 ini, juga menyatakan bahwa kedalaman skuat yang diupayakan timnya adalah bertujuan untuk mendapatkan konsistensi.