Mengenang Ray Wilkins, Legenda Klub yang Pernah Asisteni 4 Manajer Chelsea

By Verdi Hendrawan - Rabu, 4 April 2018 | 21:12 WIB
Manajer Chelsea, Carlo Ancelotti (kanan), dan asistennya, Ray Wilkins, jelang laga Liga Inggris 2009-2010 menghadapi Hull City di The KC Stadium, Hull, Inggris, pada 2 Februari 2010. (PAUL ELLIS / AFP)

Salah satu legenda tim nasional Inggris dan Chelsea, Ray Wilkins, kini telah meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung yang membuat dirinya dilarikan ke rumah sakit pada Sabtu (31/3/2018).

Wilkins sempat tak sadarkan diri alias koma di Rumah Sakit St George, London, setelah mengalami serangan jantung.

Seperti dikutip BolaSport.com dari Dailymail, Wilkins dalam kondisi koma setelah terjatuh yang membuat kepalanya terbentur seusai mengalami serangan jantung.

Namun, setelah empat hari dirawat di rumah sakit, nyawa Wilkins tak tertolong dan dinyatakan meninggal pada Rabu (4/4/2018).

Di sepanjang hidupnya, Wilkins yang merupakan produk asli binaan Chelsea mampu menembus tim utama pada 1973 dan membela The Blues hingga 1979, sebelum memilih hengkang ke Manchester United.

(Baca Juga: Alasan Terkuat Liverpool dan Manchester City Takkan Juarai Liga Champions 2017-2018)

Selain dua klub besar itu, Wilkins juga pernah bermain untuk AC Milan, Paris Saint-Germain (PSG), Rangers FC, Queens Park Rangers (QPR), dan Crystal Palace.

Di level timnas, Wilkins pernah 84 kali dipercaya membela Inggris, hingga menjadi kapten Tim Tiga Singa pada November 1986 dalam 10 pertandingan.


Ray Wilkins(TWITTER.COM)

Setelah pensiun sebagai pemain, Wilkins pernah menjadi manajer QPR dan Fulham sebelum akhirnya kembali ke pangkuan Chelsea pada 1998 dan mengasisteni 4 manajer The Blues.