Timnas Kroasia Seakan Berjodoh dengan Tuan Rumah dan Berujung Sial, Ini Kata Zlatko Dalic

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 7 Juli 2018 | 14:21 WIB
Penyerang Kroasia, Mario Mandzukic, merayakan golnya ke gawang Denmark dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia pada 1 Juli 2018. (ALEXANDER NEMENOV/AFP )

Timnas Kroasia bakal menghadapi Rusia yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2018 di babak perempat final yang akan digelar di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, pada Sabtu (7/7/2018) atau Minggu dini hari WIB.

Laporan langsung wartawan BolaSport.com, Firzie Adrian Idris dan Herka Yanis Pangaribowo, dari Sochi, Rusia.

Pertemuan timnas Kroasia dengan Rusia itu seakan menunjukkan bahwa mereka hampir selalu "berjodoh" dengan tim tuan rumah setiap kali tampil di Piala Dunia.

Sepanjang sejarah, timnas Kroasia 5 kali berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia, termasuk edisi 2018, dan 3 di antatanya selalu dipertemukan dengan tuan rumah.

Hanya pada Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea Selatan dan Jepang dan 2006 di Jerman, mereka tidak berjumpa dengan salah satu tuan rumah karena sudah gugur di fase grup.

Meski demikian hal tersebut tidak diambil pusing oleh pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.

Pelatih berusia 51 tahun itu tetap menganggap semua pertadingan di Piala Dunia sangat berat, baik berjumpa tuan rumah atau kontestan lainnya.

(Baca Juga: Brasil Memang Sudah Lama Tidak Mampu Bangkit dari Ketertinggalan 2 Gol)

"Kami tidak bisa memilih lawan, baik itu tuan rumah atau tim lain, karena tetap saja kami akan menghadapi pertandingan besar. Jadi, tidak masalah siapa yang akan menjadi lawan kami," ucap Zlatko Dalic dalam jumpa pers yang juga dihadiri BolaSport.com.