Pilar Kunci Timnas Spanyol di Piala Dunia Bernama Andres Iniesta

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Kamis, 7 Juni 2018 | 08:55 WIB
Dua bintang kemenangan tim nasional Spanyol atas Kosta RIka, David Silva (kiri) dan Andres Iniesta, saat merayakan salah satu dari lima gol yang berhasil dicetak timnya dalam laga uji coba di Stadion La Rosaleda, Malaga, Spanyol, pada Sabtu (11/11/2017). ( JORGE GUERRERO / AFP )

Keberadaan Andres Iniesta di skuat timnas Spanyol diyakini akan memberi keberuntungan bagi La Furia Roja pada Piala Dunia 2018.

Eks pemain timnas Spanyol, Xabi Alonso, percaya bahwa kehadiran Andres Iniesta di skuat La Furia Roja mampu membuat perbedaan nyata.

Alonso yang telah pensiun sebagai pesepak bola pada tahun lalu itu, terkenang akan satu gol yang Iniesta ciptakan delapan tahun lalu pada final Piala Dunia 2010.

Spanyol yang ditahan imbang Belanda hingga waktu normal, berhasil keluar sebagai juara dunia berkat kejelian Iniesta yang menciptakan gol pada menit ke-116.

Iniesta pun menjadi legenda sebab berandil besar terhadap trofi Piala Dunia pertama untuk tim Matador.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Timnas Spanyol di Fase Grup)


Gelandang Belanda, Nigel de Jong (kiri), menendang dada pemain Spanyol, Xabi Alonso, dalam pertandingan final Piala Dunia 2010 di Stadion Soccer City, Soweto, Johannesburg, 11 Juli 2010. ( LLUIS GENE/AFP )
 

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

Kini Iniesta kembali berada di skuat timnas Spanyol, sama seperti delapan tahun.

Alonso yakin bahwa keberadaan eks pemain Barcelona sangat penting, sebab ia adalah bak idola bagi semua orang.