Prediksi Piala Dunia 2018: Inggris, Belgia, dan Portugal Punya Peluang Juara Lebih Kecil dari Peru dan Kolombia

By Tomy Kartika Putra - Kamis, 7 Juni 2018 | 20:56 WIB
Gelandang Inggris, Dele Alli (kiri), berduel dengan pemain Nigeria, Ogenyi Onazi, dalam laga persahabatan di Stadion Wembley, London, Inggris pada 2 Juni 2018. (IAN KINGTON/AFP)

Timnas Inggris, Belgia, dan Portugal ternyata mempunyai peluang lebih kecil untuk memenangi Piala Dunia 2018 daripada Peru dan Kolombia.

Pernyataan tersebut dikutip BolaSport.com dari hasil analisis prediksi yang dikeluarkan dari super komputer Gracenote.

Analisis tersebut menghitung rekam jejak setiap tim yang berpartisipasi di Piala Dunia 2018.

Faktor yang jadi perhitungan mulai dari margin kemenangan hingga kekuatan kedua tim yang bakal bertanding.

Berdasarkan perhitungan itu, Gracenote menunjukkan bahwa Brasil adalah tim yang mempunyai kemungkinan terbesar memenangi turnamen dengan peluang 21 persen.

Di peringkat kedua ada Spanyol dengan 10 persen, diikuti oleh Jerman dan Argentina yang mempunyai angka peluang sama, yaitu delapan persen.

(Baca juga: Skandal Terungkap! Wasit dan Pejabat Sepak Bola Tertangkap Kamera Menerima Suap di Afrika)

Sementara itu, tiga tim besar Eropa, Inggris, Belgia dan Portugal, duduk di peringkat delapan sampai sepuluh dengan perolehan sama, yakni empat persen.


Grafik urutan tim favorit Piala Dunia 2018 yang dilakukan menurut penelitian Gracenote. Brasil menjadi kandidat juara terkuat dalam data ini.(GRACENOTE.COM)

Menariknya, peluang ketiga tim besar itu masih kalah dibandingkan dengan Peru dan Kolombia yang duduk tepat di atas mereka dengan persentase kans juara sebesar lima persen.