3 Bek Ulangi Pencapaian pada Piala Dunia 1998, Timnas Prancis Bakal Kembali Jadi Juara?

By Verdi Hendrawan - Rabu, 11 Juli 2018 | 06:33 WIB
Samuel Umtiti merayakan gol Prancis ke gawang Belgia pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 10 Juli 2018. (CHRISTOPHE SIMON/AFP)

Timnas Prancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mampu menyingkirkan Belgia dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Saint-Petersburg, Rusia, pada Selasa (10/7/2018) atau Rabu diri hari WIB.

Pada pertandingan tersebut, timnas Prancis berhak tampil di partai puncak berkat gol semata wayang dari Samuel Umtiti pada menit ke-51.

Bek milik Barcelona itu sukses menyambut umpan tendangan penjuru Antoine Griezmann dengan sebuah tandukan ke arah tiang dekat yang tidak mampu diantisipasi kiper timnas Belgia, Thibaut Courtois.

Gol tersebut membuat Samuel Umtiti menjadi bek ketiga timnas Prancis di Piala Dunia 2018 yang berhasil mencetak gol.

Sebelumnya dua bek timnas Prancis, Benjamin Pavard (vs Argentina) dan Raphael Varane (vs Uruguay), sudah terlebih dahulu menyumbangkan gol.

Keberhasilan Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti mencetak gol ini mengulangi pencapaian para pemain bertahan Les Bleus di Piala Dunia 1998.

(Baca Juga: Real Madrid Rilis Surat Perpisahan dengan Cristiano Ronaldo)

Pada saat itu, timnas Prancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 1998 juga berkat gol pemain bertahan, Lilian Thuram, yang sukses dua kali membobol gawang Kroasia untuk meraih kemenangan 2-1 di semifinal.

Sebelum Lilan Thuram menjadi pahlawan, dua bek timnas Prancis lainnya, Bixente Lizarazu (vs Arab Saudi) dan Laurent Blanc (vs Paraguay), juga sukses mencetak gol.