Dalam 20 Tahun Terakhir, Timnas Prancis Paling Sering Tampil di Final Piala Dunia

By Verdi Hendrawan - Rabu, 11 Juli 2018 | 07:14 WIB
Para pemain timnas Prancis merayakan gol Samuel Umtiti ke gawang Belgia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 10 Juli 2018. (JEWEL SAMAD / AFP)

Timnas Prancis berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mampu menyingkirkan Belgia dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Saint-Petersburg, Rusia, pada Selasa (10/7/2018) atau Rabu diri hari WIB.

Pada pertandingan semifinal tersebut, timnas Prancis berhak tampil di partai puncak berkat gol semata wayang dari Samuel Umtiti pada menit ke-51.

Samuel Umtiti sukses menyambut umpan tendangan penjuru Antoine Griezmann dengan sebuah tandukan yang tidak mampu diantisipasi kiper timnas Belgia, Thibaut Courtois.

Gol tersebut menjadi penentu keberhasilan timnas Prancis lolos ke partai final untuk kali ketiga dalam 20 tahun terakhir.

Pertama kali timnas Prancis berhasil lolos ke final terjadi pada Piala Dunia 1998 atau saat mereka sukses meraih gelar pertama di turnamen sepak bola antarnegara terakbar tersebut.

(Baca Juga: Real Madrid Rilis Surat Perpisahan dengan Cristiano Ronaldo)


Kylian Mbappe berhadapan dengan Thibaut Courtois saat laga Prancis Vs Belgia pada semifinal Piala Dunia 2018 di Saint-Petersburg Stadium, Selasa (10/7/2018) (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA )

Keberhasilan kedua timnas Prancis lolos ke final Piala Dunia terjadi pada edisi 2006 di Jerman, yang berujung kekalahan 3-5 dari Italia dalam drama adu penalti.

Dalam kurun waktu tersebut, tidak ada tim yang mampu tampil di partai final Piala Dunia lebih banyak dari Prancis.