Kroasia Jadi Negara Ke-13 yang Berhasil Tampil di Final Piala Dunia, Siapa Saja Tim Lainnya?

By Verdi Hendrawan - Kamis, 12 Juli 2018 | 05:06 WIB
Penyerang Kroasia, Mario Mandzukic, merayakan kemenangan timnya 2-1 atas Inggris di babak semifinal Piala Dunia 2018, 11 Juli 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow. (YURI CORTEZ/AFP)

Timnas Kroasia sukses mencatatkan sejarah baru di ajang Piala Dunia dengan mampu melangkah ke final pada edisi 2018 setelah sukses menyingkirkan Inggris.

Pada laga semifinal yang digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Rabu (11/7/2018) atau Kamis dini hari WIB itu, timnas Kroasia berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1.

Timnas Inggris sempat unggul cepat pada menit ke-5 via eksekusi tendangan bebas Kieran Trippier.

Namun, timnas Kroasia mampu bangkit dan membalas melalui Ivan Perisic pada menit ke-68 untuk memaksakan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Pada masa tersebut, timnas Kroasia berhasil mencetak gol kemenangan melalui sontekan kaki kanan Mario Mandzukic setelah menerima bola dari Ivan Perisic pada menit ke-109.

Keberhasilan ini membuat timnas Kroasia sukses melangkahi catatan terbaik yang pernah dilakukan para pendahulunya di Piala Dunia 1998 dengan menembus babak semifinal.

(Baca Juga: Sempat Tertinggal, Kroasia Rebut Tiket Final Piala Dunia 2018 Lewat Perpanjangan Waktu)

Timnas Kroasia yang saat itu masih diperkuat Davor Suker dkk secara mengejutkan mampu melangkah ke semifinal sebelum disingkirkan tuan rumah Prancis dengan skor 1-2.

Kesuksesan ini membuat timnas Kroasia menjadi negara ke-13 sepanjang sejarah Piala Dunia yang berhasil melaju hingga ke babak final.