Abaikan Peringatan FIFA soal Kaus Kaki, PSSI-nya Inggris Didenda Lebih dari 1 Miliar Rupiah

By Verdi Hendrawan - Kamis, 12 Juli 2018 | 06:56 WIB
Para pemain timnas Inggris merayakan kemenangan 2-0 atas Swedia di babak perempat final Piala Dunia 2018, 7 Juli 2018 di Samara Arena. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA )

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) telah dijatuhi denda oleh FIFA akibat beberapa pemainnya mengenakan kaus kaki yang "tidak sah" di laga Piala Dunia 2018.

Hal ini terjadi pada laga perempat final Piala Dunia 2018 saat timnas Inggris menghadapi Swedia di Stadion Samara Arena, Sabtu (7/7/2018).

FIFA mendapati ada 3 pemain timnas Inggris yang mengenakan menyangga engkel yang dibalut kaus kaki resmi dari Nike sebagai penyedia perlengkapan timnas Inggris yang dianggap tidak sesuai standar FIFA.


Kaus kaki yang dikenakan pemain timnas Inggris, Eric Dier, dalam laga perempat final Piala Dunia 2018 kontra Swedia di Stadion Samara Arena, Samara, Rusia, pada Sabtu (7/7/2018).(FRANCISCO LEONG/AFP)

Ketiga pemain timnas Inggris yang kedapatan menggunakan perlengkapan tersebut adalah Dele Alli, Eric Dier dan Raheem Sterling.

Seperti dikutip BolaSport.com dari BBC, hal ini membuat FIFA menjatuhkan denda sebesar 70.000 franc Swiss atau lebih dari 1 miliar rupiah.

FIFA mengatakan bahwa mereka menjatuhkan denda kepada FA karena telah "melanggar peraturan media, pemasaran, dan peraturan peralatan FIFA".

Selain itu, FIFA juga mengatakan bahwa denda ini dijatuhkan karena FA telah dianggap mengabaikan peringatan yang telah diberikan karena para pemainnya terus menggunakan merek komersial yang tidak sah pada peralatan bermain, baik sebelum dan selama pertandingan perempat final menghadapi Swedia.

(Baca Juga: Sempat Tertinggal, Kroasia Rebut Tiket Final Piala Dunia 2018 Lewat Perpanjangan Waktu)