Andai Inggris Gagal di Piala Dunia 2018, Akan Ada Pemain yang Jadi Kambing Hitam

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Senin, 11 Juni 2018 | 13:13 WIB
Timnas Inggris berpose sebelum pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika, 7 Juni 2018 di Elland Road, Leeds. (PAUL ELLIS/AFP)

Legenda timnas Inggris, Rio Ferdinand, mengingatkan kepada para pemain tim Tiga Singa untuk siap menjadi kambing hitam andai Inggris gagal di Piala Dunia 2018 nanti.

Rio Ferdinand pernah tiga kali pergi ke Piala Dunia bersama timnas Inggris selama 14 tahun kariernya di tim Tiga Singa.

Pria yang melakoni 81 laga bersama timnas Inggris itu kemudian sudah paham apa yang akan terjadi jika mereka gagal dalam suatu turnamen internasional.

Jika itu terjadi, pasti akan ada pemain Inggris yang jadi kambing hitam dan menjadi bulan-bulanan publik negeri ratu Elizabeth II.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

"Hal ini terjadi di setiap turnamen, begitu juga di turnamen kali ini. Akan ada kambing hitam, para pemain harus tahu itu," ujar Ferdinand seperti dilansir BolaSport.com dari Mirror.

"Patung David Beckham dibakar (setelah ia dikartu merah di Piala Dunia 1998), Phil Neville melakukan pelanggaran berbuah tendangan penalti (Piala Eropa 2000), Wayne Rooney (kartu merah Piala Dunia 2006), jadi kambing hitam, siapa selanjutnya?" tutur Ferdinand.


Rio Ferdinand tengah berbincang dengan Glenn Hoddle dalam sesi latihan Inggris jelang Piala Dunia 1998. ( Dok. Reuters )

Ferdinand mengatakan, setiap ada kejadian yang menyebabkan Inggris gagal, negara tersebut seperti diserang virus kebencian terhadap satu orang.

(Baca juga: Sadio Mane, Korban Lionel Messi dalam Borok Popularitas UEFA)