Keampuhan Lini Belakang Prancis Kini Kembali Ingatkan Kita ke Tahun 1998 kala Tim Ayam Jantan Juara

By Tomy Kartika Putra - Sabtu, 14 Juli 2018 | 13:46 WIB
Para pemain timnas Prancis merayakan gol Samuel Umtiti ke gawang Belgia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, 10 Juli 2018. (JEWEL SAMAD / AFP)

Tiga bek timnas Prancis berhasil mencetak tiga dari total 10 gol Tim Ayam Jantan pada Piala Dunia 2018. Meskipun terbilang tidak banyak, namun gol-gol tersebut merupakan gol-gol sangat amat krusial. Hal itu serupa dengan yang ditampilkan Prancis kala menjuarai Piala Dunia 1998.

Selain barisan depan yang dihuni oleh Kylian Mbappe, Antoine Griezmann dan Olivier Giroud, Prancis juga punya senjata cadangan untuk mencetak gol, yaitu para pemain bertahan yang tak jarang keluar menyerang.

Samuel Umtiti, Raphael Varane dan Benjamin Pavard, ketiga pemain tersebut telah sukses mencantumkan namannya sebagai pencetak gol di buku sejarah Piala Dunia.

Sentuhan magis para defender ini mengingatkan kita untuk kembali ke tahun 1998, ketika Tim Ayam Jantan meraih trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya dan satu-satunya hingga kini.

Nama-nama seperti Laurent Blanc, Lilian Thuram, Bixente Lizarazu, sukses bukan hanya dalam segi bertahan, namun mereka juga sukses dalam membantu kerja David Trezeguet, Thierry Henry hingga Christophe Dugarry untuk mendulang gol.

Pada Piala Dunia 2018 ini, Baik Umtiti, Varane, dan Pavard, ketiga berhasil mencetak masing-masing satu gol dari total 10 gol Prancis.

Tidak menutup kemungkinan gol yang datang dari bek Prancis akan bertambah ketika mereka bertemu Kroasia di partai final, Minggu (15/7/2018) pukul 10.00 WIB.

Umtiti bahkan menja pahlawan kemenangan 1-0 timnya atas Belgia di semifinal.

(Baca juga: 5 Pemain Bintang Kroasia Absen pada Sesi Latihan Terbaru)