Andres Iniesta Menolak Pensiun dari Timnas Spanyol seusai Piala Dunia 2018, tetapi...

By Verdi Hendrawan - Rabu, 13 Juni 2018 | 00:02 WIB
Dua bintang kemenangan tim nasional Spanyol atas Kosta RIka, David Silva (kiri) dan Andres Iniesta, saat merayakan salah satu dari lima gol yang berhasil dicetak timnya dalam laga uji coba di Stadion La Rosaleda, Malaga, Spanyol, pada Sabtu (11/11/2017). (JORGE GUERRERO / AFP )

Mantan gelandang Barcelona yang sudah tidak muda lagi, Andres Iniesta, kini masih dipercaya pelatih Julen Lopetegui untuk tampil bersama timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

Kendati telah berusia 34 tahun, Andres Iniesta masih dipercaya menjadi salah satu andalan timnas Spanyol di setiap pertandingan.

Bahkan pemain yang kini telah resmi bergabung dengan klub Liga Jepang, Vissel Kobe, itu masih mampu bersaing dengan gelandang-gelandang hebat Spanyol lainnya untuk menjadi bagian dari skuat timnas di Piala Dunia 2018.


Andres Iniesta saat diperkenalkan sebagai pemain klub Vissel Kobe di Stadion Noevir, Kobe, Jepang, 26 Mei 2018. ( MARTIN BUREAU / AFP )

Setelah Piala Dunia 2018, banyak pihak yang percaya bahwa Andres Iniesta akan pensiun dari timnas Spanyol. Namun, hal tersebut dibantah oleh sang pemain.

“Masa depan saya bersama timnas? Saya tidak ingin menutup pintu 100 persen setelah Piala Dunia, tetapi sulit bagi saya untuk melihat apa yang akan terjadi kepada saya setelah itu,” tutur Andres Iniesta seperti dikutip BolaSport.com dari Cadena Cope.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Timnas Inggris di Fase Grup, Berat di Akhir)

Ketidakyakinan Andres Iniesta bisa tetap menjadi bagian dari timnas Spanyol ini disebabkan oleh kondisi fisiknya yang sudah jauh menurun.

Selain itu, Andres Iniesta juga tidak akan lagi berkompetisi di level tertinggi setelah memutuskan hengkang ke Vissel Kobe.

Sepanjang karier, Andres Iniesta telah membela timnas Spanyol sebanyak 126 kali dan mencetak 13 gol.