Pierluigi Collina Ungkapkan Bakal Ada Perubahan Aturan dalam Hal Off-side di Piala Dunia 2018

By Verdi Hendrawan - Rabu, 13 Juni 2018 | 06:49 WIB
Ketua komisi wasit UEFA, Pierluigi Collina, saat berbicara dengan media di konfrensi pers, 20 April 2016, di Enghien-les-Bains, Paris Utara. (MARTIN BUREAU/AFP )

Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina, mengungkapkan bahwa akan ada sedikit perubahan aturan dalam hal off-side pada gelaran Piala Dunia 2018.

Perubahan aturan tersebut tidak akan mengubah definisi off-side seperti yang telah dikenal sebelumnya.

Hanya saja akan ada sedikit perubahan dalam hal cara pandang dan bagaimana asisten wasit untuk menentukan tindakan.

Dalam acara jumpa pers wasit Piala Dunia 2018, Pierluigi Collina mengatakan bahwa para asisten wasit telah diinstruksikan untuk tidak mengangkat bendera tanda terjadinya off-side jika situasinya 50-50.


Pemain Persis memprotes asisten wasit yang menganulir gol Bakori Andreas saat menjamu Sragen United dalam laga lanjutan Liga 2 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (30/7/2017). (GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM )

(Baca Juga: Justin Kluivert Sudah Tak Sabar Bergabung dengan AS Roma)

Pierluigi Collina menjelaskan bahwa hal ini dilakukan untuk tidak menghentikan pertandingan dan membuang peluang terciptanya gol karena jika bendera berkibar, wasit utama akan menghentikan laga.

Jika terjadi perdebatan soal telah terjadinya off-side sebelum gol tercipta, keputusan mengenai sah atau tidaknya hal itu akan ditentukan oleh wasit utama dengan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) yang baru pertama kali digunakan di ajang Piala Dunia.


Wasit asal Jerman, Deniz Aytekin, memperhatikan tayangan VAR (Video Assistant Referee), dalam laga uji coba antara tim nasional Inggris menghadapi Italia di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Selasa (27/3/2018). (IAN KINGTON / AFP )

"Jika Anda melihat beberapa asisten wasit tidak mengibarkan bendera, itu bukan karena dia telah membuat kesalahan melainkan untuk menghormati instruksi untuk tidak melakukannya," ucap Pierluigi Collina seperti dikutip BolaSport.com dari Sky Sports.