Prancis Vs Kroasia - All European Final Ke-9 Sepanjang Sejarah Piala Dunia

By Verdi Hendrawan - Minggu, 15 Juli 2018 | 18:02 WIB
Final Piala Dunia 2018 antara Prancis vs Kroasia di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018). (ANDREAS JOEVI/BOLASPORT.COM )

Wakil-wakil UEFA atau Eropa tampil sangat mendominasi di Piala Dunia 2018 dengan menyisihkan kontestan-kontestan dari benua lainnya, terutama Conmebol atau Amerika Selatan.

Bagaimana tidak, empat dari enam negara Eropa yang berhasil lolos ke babak perempat final sukses melaju ke semifinal menyisihkan dua wakil Amerika Selatan, Brasil dan Uruguay.

Dengan demikian, kondisi ini membuat wakil-wakil UEFA sukses menghadirkan laga antar sesama negara Eropa di final Piala Dunia untuk kali ke-9 sepanjang sejarah.

Hal ini menunjukkan bahwa Eropa masih menjadi kiblat sepak bola dunia mengalahkan Amerika Selatan yang baru dua kali menghadirkan laga final Piala Dunia antar sesama wakil mereka.

Terakhir kali Amerika Selatan memunculkan dua wakilnya di partai final Piala Dunia terjadi pada edisi 1950 atau 68 tahun silam antara Uruguay kontra Brasil.

(Baca Juga: Perjalanan Prancis Menuju Final Piala Dunia 2018 - Minimalis, tetapi Meyakinkan)

Pertarungan antara wakil Eropa di final Piala Dunia ini pertama kali terjadi pada edisi 1934 antara Italia menghadapi Cekoslovakia.

Pada edisi berikutnya, Piala Dunia 1938, dua wakil Eropa yaitu Italia dan Hungaria, berhasil tampil di partai puncak.

Pada kedua edisi Piala Dunia tersebut, Italia selalu sukses memenangi gelar juara.