Kejanggalan dalam Pemecatan Julen Lopetegui

By Kautsar Restu Yuda - Kamis, 14 Juni 2018 | 16:20 WIB
Pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui (kanan), bersama kiper David De Gea dalam jumpa pers jelang laga uji coba kontra Swiss di Estadio de la Ceramica, Villareal, Spanyol, pada Sabtu (2/6/2018). (JOSE JORDAN / AFP)

Ada perbedaan kabar di balik pemecatan Julen Lopetegui dari jabatan pelatih timnas Spanyol.

Julen Lopetegui secara resmi bukan lagi pelatih timnas Spanyol usai dipecat Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Rabu (13/6/2018).

Posisinya bakal digantikan Fernando Hierro yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Olahraga timnas Spanyol.

Hierro akan menjadi nakhoda La Furia Roja selama gelaran Piala Dunia 2018.

Pemecatan Lopetegui disebabkan oleh tindakan tak etisnya terhadap RFEF dengan melakukan negosiasi dengan Real Madrid dan baru memberitahu pihak federasi sesaat sebelum El Real mengumumkan bahwa pelatih dari Spanyol itu bakal menjadi nakhoda anyar mereka.

"Negosiasi Lopetegui dengan Real Madrid dilakukan tanpa sepengetahuan kami," ujar Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, kepada El Partidazo de COPE yang dinukil BolaSport.com.

"Lopetegui baru memberi tahu kami lima menit sebelum Real Madrid mengumumkan secara resmi dan ada konsekuensi yang harus ia terima untuk ini," kata Rubiales.

(Baca Juga: Kamis Pekan Ini, Manchester United Rampungkan Transfer Bek Idaman Jose Mourinho)

Dalam pengambilan keputusan tersebut Rubiales mengklaim bahwa tidak ada pemberontakan dari para pemain usai ia memutuskan untuk memberhentikan Lopetegui.