Prancis Juarai Piala Dunia 2018, Didier Deschamps Samai Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer

By Verdi Hendrawan - Senin, 16 Juli 2018 | 07:47 WIB
Pelatih Didier Deschamps dilempar ke udara oleh pemainnya setelah membawa timnas Prancis mengalahkan Kroasia dalam laga final Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, 15 Juli 2018. (ALEXANDER NEMENOV / AFP)

Pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, sukses menyamai catatan rekor dua legenda besar sepak bola dunia, Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

Rekor yang dimaksud adalah keberhasilan Didier Deschamps menjuarai Piala Dunia, baik sebagai pemain dan juga pelatih.

Selain berhasil menjuarai Piala Dunia 2018 sebagai pelatih, Didier Deschamps juga pernah mengangkat trofi yang sama 20 tahun sebelumnya sebagai pemain timnas Prancis.

Didier Deschamps yang terkenal sebagai gelandang pengangkut air kala masih aktif bermain, berhasil membawa timnas Prancis untuk kali pertama menjuarai Piala Dunia pada edisi 1998.

(Baca Juga: [POPULER] Unai Emery Ingin Boyong Teman Cristiano Ronaldo dari Barcelona ke Arsenal)

Pada saat itu, Didier Deschamps juga berstatus sebagai pemimpin tim setelah pelatih Aime Jacquet memercayakan dirinya mengenakan ban kapten.

Orang pertama yang berhasil menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih adalah Mario Zagallo dari Brasil.

Mario Zagallo pernah menjadi juara Piala Dunia sebagai pemain timnas Brasil pada tahun 1958 dan 1962.


Legenda sepak bola Brasil, Mario Zagallo, saat menghadiri jumpa pers pada malam pengundian putaran final Piala Dunia 2014 di Costa do Sauipe, Bahia, Brasil, pada 5 Desember 2013.(NELSON ALMEIDA / AFP)