Tak Mau Kalah dari Indonesia, Malaysia Ingin Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

By Susi Lestari - Minggu, 17 Juni 2018 | 09:25 WIB
Foto trofi Piala Dunia 2018 ( DOK. TWITTER FIFA )

Malaysia menunjukkan minat untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Anggota Komite Eksekutif FIFA dari Malaysia, Tengku Abdullah Sultan Ahmad Shah, mengatakan sebelum Malaysia, sudah ada tiga negara di Asia Tenggara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama untuk pesta sepak bola terakbar di dunia itu pada 2034, yakni Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Terkait dengan minat ini, Abdullah mengatakan dia tidak yakin tentang sikap pemerintah negerinya mengenai masalah ini, tetapi merasa seharusnya tidak ada masalah jika Malaysia menjadi tuan rumah Piala Dunia.

(Baca Juga: Prancis dan Jerman Beragam demi Prestasi, Indonesia (Jangan) Terpecah karena Pilpres dan Jalan Tol!)

(Baca Juga: Hanya karena Kalah, Pemain Ini Frustasi dan Lakukan Tindakan Terlarang)

"Saya pikir tidak akan ada masalah jika keempat negara membuat tawaran bersama untuk Piala Dunia. Namun, semuanya terserah Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dan pemerintah untuk memutuskan," kata Abdullah dilansir BolaSport.com dari NST.

"ASEAN memiliki kesempatan dan kekuatan untuk mengajukan tawaran bersama dan memungkinkan untuk jadi tuan rumah. Ini sama seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, yang memenangi tawaran sebagai tuan rumah bersama pada Piala Dunia 2026," tambah Abdullah.

"Sudah waktunya bagi kawasan ASEAN untuk diberi kesempatan dan itu memungkinkan negara-negara untuk meningkatkan infrastruktur mereka dan memperkuat tim nasional mereka masing-masing. Masih ada cukup waktu," ujar Abdullah lagi.

Wacana negara-negara Asia Tenggara menjadi tuan rumah diumumkan oleh wakil ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Joko Driyono.