5 Hal yang Perlu Diketahui dari Timnas Belgia Menjelang Laga Vs Panama

By Weshley Hutagalung - Senin, 18 Juni 2018 | 18:26 WIB
Pelatih Belgia, Roberto Martinez (kanan) dan gelandang Kevin De Bruyne berbincang saat latihan di Park Arena, Sochi, Rusia, pada 16 Juni 2018. (ADRIAN DENNIS/AFP)

Generas Emas. Predikat itu kembali diberikan kepada tim nasional Belgia asuhan Roberto Martinez menjelang Piala Dunia 2018.

Belgia dan Panama belum pernah berjumpa di laga resmi. Di pertandingan ini, dengan sederet nama beken seperti Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, hingga Romelu Lukaku, Belgia lebih diunggulkan.

Di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018, Belgia memimpin Grup H mengatasi perlawanan tim yang kualitasnya disebut berada di bawah, yakni Yunani, Bosnia dan Herzegovina, Estonia, Siprus, serta Gibraltar.

Romelu Lukaku tampil sebagai pemain tertajam Grup H babak kualifikasi dengan 11 gol, diiikuti Eden Hazard (6) serta Dries Mertens dan Thomas Meunier (5).

Dalam 10 pertandingan, timnas Belgia mencetak 43 gol dan kemasukan 6. Sumber gol Belgia didapat dari 12 pemain.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Timnas Inggris di Fase Grup)

Menjelang laga perdana Grup G yang dihuni Panama, Tunisia, dan Inggris, ada beberapa catatan penting tentang timnas Belgia.

Pertama, Belgia ternyata belum terkalahkan dalam 9 laga terakhir fase grup Piala Dunia, dengan hasil 4 kemenangan dan 5 kali seri.

Di Piala Dunia 2014, Belgia memetik kemenangan di seluruh laga fase grup. Mereka menundukkan Aljazair 2-1, lalu Rusia dan Korea Selatan dengan skor 1-0.a