Cetak 5 Gol di Babak I, Timnas Inggris Ulangi Rekor Austria, Yugoslavia, Polandia, dan Jerman

By Verdi Hendrawan - Minggu, 24 Juni 2018 | 21:06 WIB
Harry Kane dan Jordan Henderson merayakan gol Inggris ke gawang Panama pada pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod, 24 Juni 2018. (MARTIN BERNETTI/AFP)

Timnas Inggris berhasil mencetak sejarah di Piala Dunia 2018 setelah sukses 5 kali membobol gawang Panama pada babak pertama matchday 2 Grup G yang digelar di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6/2018).

Hanya dalam waktu 45 menit pertama, timnas Inggris berhasil menang 5-0 atas Panama berkat brace John Stone dan Harry Kane serta satu lesatan Jesse Lingard.

Pertandingan tersebut pun dimenangi oleh timnas Inggris dengan skor 6-1 setelah Harry Kane sukses mencetak hat-trick sebelum dibalas sekali oleh Panama melalui Felipe Baloy.

Sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia, timnas Inggris belum pernah mampu mencetak 5 gol di babak pertama atau mencetak 6 gol dalam satu laga.

Bahkan, jumlah gol terbanyak yang pernah dicetak timnas Inggris dalam satu pertandingan Piala Dunia adalah 4 gol.

Torehan tersebut pernah dilakukan timnas Inggris dua kali, yaitu di Piala Dunia 1954 ke gawang Belgia (4-4) dan saat menjadi juara pada edisi 1966 setelah menang 4-2 atas Jerman Barat di partai final.

Torehan 5 gol atau lebih pada babak pertama itu membuat timnas Inggris berhasil menyamai rekor yang pernah dicetak Austria, Yugoslavia, Polandia, dan Jerman.

Austria menjadi tim pertama yang berhasil menorehkan catatan tersebut pada Piala Dunia 1954 saat menang 7-5 atas Swiss di babak perempat final.

(Baca Juga: 9 Pemain Kembar di Piala Dunia)