Harry Kane Ulangi Sejarah yang Bertahan 32 Tahun

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 24 Juni 2018 | 21:10 WIB
Jesse Lingard (kiri) dan Harry Kane merayakan kemenangan Inggris atas Panama (6-1) di Grup G Piala Dunia 2018, di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, 24 Juni 2018. (JOHANNES EISELE/AFP)

Hat-trick alias tiga gol dalam satu pertandingan membuat Harry Kane bisa mengulangi sejarah yang terakhir dibuat pemain Inggris 32 tahun silam.

Inggris menuai kemenangan besar 6-1 saat melakoni pertandingan kedua babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2018 melawan Panama.

Keenam gol kemenangan tim berjulukan The Three Lions di Stadion Nizhny Novgorod, Minggu (24/6/2018), masing-masing dicetak John Stones pada menit ke-8 dan 40', Harry Kane (22', 45', 62'), dan Jesse Lingard (36').

Dua gol pertama Kane di laga ini diciptakannya dari titik penalti dengan cara eksekusi yang nyaris serupa dengan melepaskan tembakan keras ke arah kanan gawang Panama.

(Baca juga: Argentina Main Kotor, Striker Kroasia Ogah Minta Jersey Lionel Messi)

Satu gol lain yang membuatnya mencetak hat-trick lahir karena ketidaksengajaan.

Ya, tembakan yang dilepaskan Ruben Loftus-Cheek dari luar kotak penalti berbelok arah karena mengenai badan Kane dan merangsek ke dalam gawang Panama.

Membuat hat-trick dalam satu laga di Piala Dunia ternyata tidak sering dilakukan pemain-pemain Inggris sebelumnya.

Kali terakhir terjadi saat legenda The Three Lions, Gary Lineker, menceploskan tiga gol ke gawang Polandia saat Inggris menang 3-0 di babak penyisihan grup Piala Dunia 1986.