VIDEO - Jebakan Offside ala Timnas Jepang, Bikin 6 Pemain Senegal Mati Kutu

By Bagas Reza Murti - Senin, 25 Juni 2018 | 02:24 WIB
Pemain Jepang, Takashi Inui, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Senegal pada laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6/2018). (HECTOR RETAMAL / AFP)

Keberhasilan Jepang menahan gempuran Senegal dalam laga lanjutan grup H Piala Dunia 2018, bisa tercermin dalam strategi jebakan offisde yang diterapkan pasukan Samurai Biru berikut ini.

Dalam laga yang dihelat di Yekaterinburg Arena, kedua tim harus puas sengan skor imbang 2-2.

Dua kali Senegal unggul lewat lesakan gol Sadio Mane (11') dan Mousa Wague (71'), dua kali pula Jepang membalas Takashi Inui (34') dan Keisuke Honda (78').

Kerja keras Jepang mengimbangi Senegal bisa tergambar dalam situasi berikut ini.

(Baca juga: St Petersburg, Kota 1000 Jembatan yang Lumpuh karena Piala Dunia)

Dalam situasi menghadapi tendangan bebas Senegal dari sisi kanan pertahanan, Jepang membuat sebuah jebakan offside sempurna.

Ini terjadi pada menit ke-44 babak pertama. Dilihat dalam video berikut ini, 6 pemain Senegal langsung otomatis terjebak dalam posisi offside. Bahkan 2 pemain Jepang masih berlari mengejar bola untuk mengantisipasi gagalnya jebakan offside.

Sebelum laga, pelatih Jepang, Akira Nishino memang menuturkan bakal menggunakan cara-cara cerdas untuk mengatasi kekurangan fisik pemain Jepang dibanding Senegal.

"Saya telah berbicara kepada Takashi Inui dan Ryota Oshima bahwa mereka harus menambah berat badan 5 kg dan tinggi 5 kg, tapi itu tak mungkin," ujarnya dilansir BolaSport.com dari Mainichi.

"Tetapi banyak ide yang harus kami terapkan. Kami akan menggunakan kekurangan kami jika ityu soal kontes fisik. Jadi kami akan menggunakan kecepatan dan penempatan bola," ujarnya.