Selain Jadi Pemain Tertua di Piala Dunia, Kiper Timnas Mesir Juga Sabet Rekor Ini

By Verdi Hendrawan - Selasa, 26 Juni 2018 | 00:50 WIB
Ekspresi kiper timnas Mesir, Essam El-Hadary, dalam pertandingan Grup A Piala DUnia 2018 menghadapi Arab Saudi di Stadion Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, pada Senin (25/6/2018). (PHILIPPE DESMAZES / AFP)

Kiper timnas Mesir, Essam El-Hadary, yang melakoni laga debut pada matchday 3 Grup A Piala Dunia 2018 saat menghadapi Arab Saudi, sukses menyabet dua rekor atas nama dirinya di ajang terakbar tersebut.

Essam El-Hadary yang hanya menjadi penghangat bangku cadangan pada dua laga perdana timnas Mesir di Grup A kontra Rusia dan Uruguay, akhirnya dipercaya pelatih Hector Cuper untuk tampil menghadapi Arab Saudi.

Hal tersebut membuat Essam El-Hadary resmi menjadi pemain tertua yang pernah tampil di putara final Piala Dunia dengan usia 45 tahun dan 161 hari.

Essam El-Hadary berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh kiper timnas Kolombia di Piala Dunia 2014, yaitu Farid Mondragon (43 tahun dan 3 hari) atau lebih tua 2 tahun dan 158 hari.

(Baca Juga: Romelu Lukaku Jadi Penyerang Paling Sempurna di Piala Dunia 2018)

Saking gaeknya, usia Essam El-Hadary juga lebih tua dari tiga pelatih dari negara-negara peserta Piala Dunia 2018, yaitu Roberto Martinez (Belgia, selisih 179 hari), Mladen Krstaic (Serbia, 413), dan Aliou Cisse (Senegal, 1.164).

Selain menjadi pemain tertua di sepanjang sejarah Piala Dunia, Essam El-Hadary juga sukses menyabet rekor sebagai kiper debutan yang sukses menghalau sebuah penalti.

Pada pertandingan kontra Arab Saudi, Essam El-Hadary sukses menepis tendangan penalti striker Fahad Al Muwallad pada menit ke-41.

(Baca Juga: 10 Bintang Berpeluang Tak Pulang ke Klubnya Usai Piala Dunia 2018, Ada Neymar dan Ronaldo)