Jerman Tak Lolos Fase Grup, Joachim Loew: Kami Layak Tereliminasi

By Bagas Reza Murti - Kamis, 28 Juni 2018 | 00:27 WIB
Ekspresi lesu Marco Reus (kanan) pada laga Korea Selatan kontra Jerman dalam partai Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, 27 Juni 2018. (ROMAN KRUCHININ/AFP)

Pelatih timnas Jerman, Joachim Loew mengakui timnya layak tak lolos ke fase gugur usai takluk 0-2 dari Korea Selatan pada laga terakhir grup F, di Kazan Arena, Kazan, pada Rabu (27/6/2018).

Tampil dominan sejak awal laga dengan penguasaan bola 76 persen, Jerman kalah lewat dua gol Korea Selatan di masa injury time babak kedua dan memaksa Manuel Neuer memungut bola dua kali dari gawangnya.

Gol-gol kemenangan Korsel dicetak oleh Kim Young-gwon (90'+2) dan Son Heung-min (90'+6).

Dengan hasil ini, sang juara bertahan dipastikan gugur di fase grup, karena di laga lain Swedia berhasil mengalahkan Meksiko 3-0.

(Baca juga: BREAKING NEWS - AC Milan Dilarang Berlaga di Kompetisi Eropa)


Ini merupakan kali pertama Jerman tak lolos fase grup sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia. Plus, kegagalan Jerman juga melanjutkan kutukan jika juara bertahan Piala Dunia tak lolos fase grup ke-3 secara beruntun.

Pelatih Jerman, Joachim Loew mengakui timnya memang pantas untuk gugur di fase grup dan tak melaju ke babak 16 besar.

"Saat ini saya sulit mengungkapkan kata (mengapa kami gugur). Kekecewaan kami sangat besar mengetahui tim kami tak lolos. Kami tak pantas memenangi Piala Duni sekali lagi. Kami tak pantas melaju ke 16 besar," ujar Loew dilansir BolaSport.com dari FIFA.

(Baca juga: Hasil Korea Selatan Vs Jerman - Dua Gol Korsel Membuat Sang Juara Bertahan Gugur di Dasar Klasemen!)