Hasil Pertandingan Piala Dunia 2018 Tadi Malam - Kutukan Terbesar Kembali berlanjut

By Verdi Hendrawan - Kamis, 28 Juni 2018 | 06:36 WIB
Ekspresi lesu Marco Reus (kanan) pada laga Korea Selatan kontra Jerman dalam partai Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, 27 Juni 2018. (ROMAN KRUCHININ/AFP)

Ada banyak kutukan atau mitos yang terus berlanjut pada gelaran Piala Dunia 2018. Salah satu yang paling besar adalah gugurnya sang juara bertahan dari Eropa di fase grup.

Setelah Prancis, Italia, dan Spanyol merasakan kutukan tersebut, kini giliran Jerman sebagai juara Piala Dunia 2014 harus tersingkir di Grup F edisi 2018.

Pada matchday 3 Grup F, Jerman secara mengejutkan harus tunduk 0-2 dari Korea Selatan yang membuat mereka harus finis di dasar klasemen dengan raihan 3 poin.

Selain mengubur impan untuk lolos ke babak 16 besar, apalagi mempertahankan gelar juara, kekalahan itu adalah yang pertama dirasakan Jerman dari wakil Asia sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

(Baca Juga:  Jadwal Piala Dunia 2018 Kamis (28/6/2018) - Penentuan Nasib Inggris, Belgia, dan Jepang)

Padahal timnas Jerman hanya membutuhkan kemenangan dengan skor berapa pun, karena di pertandingan Grup F lainnya juga terjadi kejutan setelah Meksiko yang tampil perkasa di dua laga perdana ternyata tumbang di tangan Swedia dengan skor 0-3.

Alhasil, Swedia berhasil lolos sebagai juara Grup F dengan torehan 6 poin berkat keunggulan selisih gol dari Meksiko di peringkat kedua.

Sementara di Grup E, Brasil berhasil memenuhi ekspektasi dengan keluar sebagai juara grup setelah menyingkirkan Serbia pada laga matchday 3 dengan skor 2-0.

Brasil menjadi pemuncak grup setelah mengumpulkan 7 poin, disusul Swiss sebagai runner-up dengan torehan 5 angka setelah dilaga terakhir hanya bermain imbang 2-2 dengan Kosta Rika.