Fakta-fakta Fase Grup Piala Dunia 2018 - Terciptanya Gol Ke-2.500

By Verdi Hendrawan - Jumat, 29 Juni 2018 | 07:57 WIB
Pemain Tunisia, Fakhereedine Ben Youssef (tengah), merayakan gol yang dicetak ke gawang Panama dalam laga Grup G Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Saransk, Rusia pada 28 Juni 2018. (FILIPPO MONTEFORTE/AFP)

Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan laga-laga di fase grup pada Kamis (28/6/2018) atau Jumat diri hari WIB. Enam belas negara telah berhasil memastikan tiket lolos ke fase gugur.

Laporan langsung wartawan BolaSport.com, Firzie Adrian Idris dan Herka Yanis Pangaribowo, langsung dari Kaliningrad, Rusia.

Ke-16 negara yang berhasil lolos adalah Rusia, Uruguay, Spanyol, Portugal, Prancis, Denmark, Kroasia, Argentina, Brasil, Swiss, Swedia, Meksiko, Belgia, Inggris, Kolombia, dan Jepang merupakan 16 negara tersebut.

Beberapa fakta unik tercipta dari fase grup Piala Dunia 2018.

Beberapa di antaranya adalah kemenangan pertama wakil Asia atas juara bertahan yang dilakukan oleh Korea Selatan saat menekuk Jerman dengan skor 2-0.

(Baca Juga: Keinginannya Terpenuhi, Jose Mourinho Patut Berterima Kasih kepada Brasil)

Hasil ini juga membuat Jerman melanjutkan kutukan gagal lolos dari fase grup Piala Dunia bagi para juara bertahan dari Eropa.

Selain itu, Jepang berhasil menjadi satu-satunya wakil Asia yang berhasil lolos ke babak 16 besar setelah unggul dari Senegal hanya berkat jumlah kartu kuning lebih sedikit atau dianggap lebih fair play.

Hal ini adalah kali pertama diberlakukan oleh FIFA di ajang Piala Dunia setelah Jepang dan Senegal memiliki jumlah poin, selisih gol, produktivitas gol, dan keunggulan secara head-to-head yang sama.