Hati-hati Inggris, Kolombia Tak Terkalahkan Melawan Tim dari Eropa

By Theresia Simanjuntak - Jumat, 29 Juni 2018 | 16:05 WIB
Penyerang Kolombia, Radamel Falcao, merayakan gol yang dicetak ke gawang Polandia dalam laga Grup H Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia pada 24 Juni 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)

Harapan tim nasional Inggris melangkah lebih jauh di Piala Dunia 2018 mendapat tantangan besar dari Kolombia yang belum pernah menelan kekalahan atas tim dari Eropa.

Inggris selaku runner-up Grup G dan Kolombia sang juara Grup H bakal bertemu dalam duel 16 besar Piala Dunia 2018, Selasa (3/6/18).

Sejarah pertemuan berpihak pada Tiga Singa. Mereka menang dua kali dan seri sekali dalam tiga bentrokan terakhir melawan Kolombia.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi dalam uji coba pada Mei 2005 di mana Inggris menang dengan skor 3-2.

Akan tetapi, ada satu catatan yang membuat Kolombia lebih favorit. Mereka tak terkalahkan kontra tim-tim dari Benua Eropa sejak Jose Pekerman menjadi pelatih tim itu pada Januari 2012.

(Baca juga: Timnas Argentina, Sasaran Favorit Kekotoran Lawan di Piala Dunia 2018)

Di era kepelatihan Pekerman, La Tricolor telah melakoni delapan pertemuan dengan para wakil Benua Biru. Hasilnya ialah enam kemenangan dan dua seri.

Kekalahan terakhir Kolombia atas tim dari Eropa adalah dengan skor 0-1 atas Spanyol pada 9 Februari 2011.


Pelatih Kolombia, Jose Pekerman (kiri), dan pelatih Peru, Ricardo Gareca, berbincang sebelum duel kedua tim di perempat final Copa America, 17 Juni 2016. (EDUARDO MUNOZ ALVAREZ/AFP)