Jurnalis Prancis Katakan Les Bleus Tak Punya Gaya

By Firzie A. Idris - Sabtu, 30 Juni 2018 | 17:20 WIB
Penyerang Timnas Prancis, Antoine Griezmann, mengambil bagian dalam sesi latihan di Kazan Arena, 15 Juni 2018, menjelang laga Grup C Piala Dunia 2018 melawan Australia. ( FRANCK FIFE / AFP )

 Timnas Prancis di bawah Didier Deschamps dikatakan merumput tanpa "style" alias gaya permainan yang jelas.

Laporan Firzie A Idris dan Herka Yanis Pangaribowo dari Moskow, Rusia

Hal ini diungkapkan oleh Maxime Brigand, jurnalis situs sepak bola Prancis So Foot, kepada BolaSport.com, yang sedang melakukan liputan langsung di Rusia.

Ia mengatakan bahwa kritik beberapa pihak terhadap gaya permainan yang diterapkan pelatih Didier Deschamps terjustifikasi.

"Deschamps hanya menginginkan satu hal: kemenangan. Ia tak peduli style, pendekatan kepada laga, atau taktik. Ia hanya ingin menang," tuturnya kepada BolaSport.com.

"Mungkin pendekatan singular tersebut bagus, karena ia juga seperti itu ketika bermain dan hasilnya terlihat," ujar Brigand mengenai kapten pemenang Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 tersebut.

Namun, ia juga memuji Deschamps sebagai pelatih yang sangat dekat dengan para pemain.

"Ia mengayomi para pemain, melindungi mereka dari media. Dalam hal ini ia seperti Zinedine Zidane di Real Madrid," lanjutnya.

Timnas Prancis memang relatif belum bisa bermain maksimal di turnamen ini dibandingkan dengan kualitas yang mereka miliki di atas kertas.