Kalah dari Rusia, Spanyol 3 Kali Disingkirkan oleh Tuan Rumah Piala Dunia

By Andrew Sihombing - Senin, 2 Juli 2018 | 06:22 WIB
Para pemain Spanyol meratapi kekalahan dari Rusia lewat adu penalti dalam partai babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, 1 Juli 2018. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA)

Selepas kekalahan dari Rusia di perdelapan final Piala Dunia 2018, Sabtu (1/7/2018), ingatan Fernando Hierro boleh jadi melayang ke momen 16 tahun silam.

Sabtu, 22 Juni 2002, Hierro dan rekan-rekannya di timnas Spanyol, seperti Iker Casillas, Ivan Helguera, Fernando Morientes, hingga Xavi hanya bisa tertunduk setelah langkah mereka di Piala Dunia 2002 terhenti di perempat final.

Adalah tuan rumah Korea Selatan yang menghentikan laju Tim Matador lewat drama adu penalti.

Ketika itu, eksekusi kapten Hong Myung-bo memastikan Taeguk Warriors lolos ke semifinal.

Di kubu Spanyol, adalah winger Joaquin yang menjadi pesakitan setelah menjadi satu-satunya dari 4 eksekutor Tim Matador yang gagal menunaikan tugas.

(Baca Juga: Maradona Sarankan Neymar Kurangi Diving)

(Baca Juga: Kylian Mbappe Bernilai 2 Triliun, Hanya Kalah dari 5 Pemain di Seluruh Dunia)

Lompat ke Stadion Luzhniki berselang 16 tahun kemudian, Fernando Hierro mencicipi kembali kekalahan pahit lewat adu penalti.

Bedanya, kali ini ia berdiri di pinggir lapangan sebagai pelatih Tim Matador, jabatan yang diembannya setelah Julen Lopetegui dipecat hanya beberapa hari sebelum putaran final Piala Dunia 2018 digelar.