Comeback Belgia atas Jepang Jadi Rekor Baru di Piala Dunia 2018

By Andrew Sihombing - Selasa, 3 Juli 2018 | 12:37 WIB
Penyerang Belgia, Romelu Lukaku (tengah), merayakan gol yang dicetak Nacer Chadli (kanan) bersama Thomas Meunier dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 kontra Jepang di Rostov Arena, Rostov-On-Don, Rusia pada 2 Juli 2018. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP)

Piala Dunia 2018 tidak ramah buat tim yang tertinggal lebih dulu. Dari 54 pertandingan yang sudah berlangsung hingga Senin (2/7/2018), hanya 15 pertandingan di mana tim yang tertinggal lebih dulu akhirnya bisa menang.

Spanyol merupakan satu-satunya negara yang dua kali meraih hasil setelah tertinggal lebih dulu. La Roja bisa memaksakan hasil imbang melawan Portugal dan Maroko di fase grup.

Melawan negara yang disebut terakhir, Spanyol bahkan tertinggal dua kali serta harus membutuhkan injury time untuk mencetak gol penyeimbang melalui Iago Aspas. Namun, keberuntungan tak selamanya menyertai Spanyol.

(Baca Juga: Brasil Lewati Rekor Gol Jerman, Ini 10 Negara Tersubur Sepanjang Sejarah Piala Dunia)

(Baca Juga: Neymar Disindir Soal Kebiasaan Diving oleh Legenda Prancis dan Manchester United)

Di laga perdelapan final, ganti giliran Spanyol yang gagal meraih kemenangan kendati unggul lebih dulu melawan tuan rumah Rusia. Sejarah menceritakan betapa juara dunia 2010 ini akhirnya tersingkir lewat drama adu penalti.

Dari total 15 pertandingan sebagaimana disebut di atas, hanya 5 di antaranya ditutup dengan kemenangan bagi tim yang lebih dulu tertinggal.

Arab Saudi yang pertama kali melakukan hal tersebut di Piala Dunia 2018 ketika mengalahkan Mesir di laga pamungkas Grup A. Tim berjulukan Elang Hijau ini menang 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Mohamed Salah.


Gelandang timnas Arab Saudi, Salman Al-Faraj (kiri), saat mengeksekusi tendangan penalti ke gawang timnas Mesir dalam laga Grup A Piala Dunia 2018 di Stadion Volgograd Arena, Volgograd, Rusia, pada Senin (25/6/2018).(PHILIPPE DESMAZES / AFP)