Head-to-head Prancis Vs Belgia - Sama-sama Punya Modal Tak Terkalahkan

By Verdi Hendrawan - Selasa, 10 Juli 2018 | 06:46 WIB
Penyerang Timnas Prancis, Antoine Griezmann, mengambil bagian dalam sesi latihan di Kazan Arena, 15 Juni 2018, menjelang laga Grup C Piala Dunia 2018 melawan Australia. (FRANCK FIFE / AFP )

Semifinal Piala Dunia 2018 bakal menghadirkan laga yang mempertemukan antara Prancis dengan Belgia. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Saint-Petersburg pada Selasa (10/7/2018) atau Rabu diri hari WIB.

Jelang pertandingan ini, baik Prancis dan Belgia sama-sama memiliki modal bagus yang mereka dapat dari hasil-hasil pertemuan kedua tim di masa lalu.

berdasarkan data dari BBC, sepanjang sejarah Prancis dan Belgia pernah bertemu sebanyak 74 kali, baik dalam sebuah turnamen atau hanya laga uji coba.

Dari 74 laga yang telah mereka arungi, timnas Belgia memiliki jumlah kemenangan lebih besar yaitu 30 kali.

Sementara timnas Prancis hanya meraih 24 kemenangan dan 20 laga sisanya berakhir imbang.

Akan tetapi hal ini bukan berarti bahwa timnas Belgia lebih superior dari Prancis. Justru bisa dikatakan sebaliknya.

(Baca Juga: Siapa Bilang Afrika Tidak Punya Wakil di Fase Gugur Piala Dunia 2018? Ini Buktinya)

Dalam pertemuan kedua tim yang terjadi dalam turnamen besar, seperti Piala Eropa dan Piala Dunua, timnas Prancis selalu mampu meraih kemenangan atas Belgia.

Sepanjang sejarah, timnas Prancis dan Belgia pernah 3 kali berjumpa di turnamen besar. Dua di antaranya terjadi di Piala Dunia (1938, 1986) dan satu di Piala Eropa (1984) yang semuanya dimenangi oleh Les Bleus.