Berencana ke Piala Dunia? Ini Tips Praktis dari Mahasiswa Indonesia di Moskow

By Firzie A. Idris - Rabu, 13 Juni 2018 | 03:19 WIB
Pengunjung Moskow mengeluarkan payung di tengah terpaan hujan yang mengguyur pusat ibu kota Rusia itu pada Selasa (12/6/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA)

Tim BolaSport.com berbincang dengan Agie Jaya, mahasiswa Indonesia yang telah tinggal di Moskow selama dua tahun terakhir untuk mengetahui apa saja yang perlu dibawa jika Anda berencana terbang ke Rusia untuk Piala Dunia 2018.

Laporan Firzie A. Idris dari Moskow, Rusia

Agi merupakan mahasiswa Moscow State University yang mengambil bidang studi Railway Engineering.

Saat bertemu dengan BolaSport.com di bawah rintikan hujan dekat Red Square di pusat kota Moskow pada Selasa (12/6/2018), ia membagikan tipsnya bagi mereka yang ingin berangkat ke Piala Dunia 2018.

"Rusia ini unik, karena walau pun secara resmi ada empat musim tetapi orang-orang lokal suka mengatakan bahwa negara ini hanya punya dua musim, musim panas dan dingin," ujar pemuda berusia 20 tahun itu.


Agie Jaya (kanan) berpose bersama BolaSport.com dan Tabloid BOLA di Zaryadye Park, Moskow, pada Selasa (12/6/2018).(HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA)

"Biar pun summer, di sini sering dingin. Anda yang datang lebih baik membawa jaket walau pun tak perlu menyiapkan coat, kupluk, atau sarung tangan," lanjutnya.

(Baca Juga: Besar dan Mati Bob Marley dengan Sepak Bola)

Kemudian, ia juga mengatakan bahwa para pendatang harus menyiapkan pelembap kulit karena udara di Moskow sangat dingin sehingga kering. Begitu pun lip balm juga lebih baik ada karena bibir suka kering karena udara ini.

Soal bahasa, ia mengutarakan bahwa ada tips-tips dari channel Youtube Permira (Perhimpunan Mahasiswa di Rusia).