Soal Pengguanaan VAR di Piala Dunia 2018, Ini Kata Pelatih Tim Liga 2 2018

By Christina Kasih Nugrahaeni - Minggu, 24 Juni 2018 | 13:31 WIB
Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra, memberi instruksi kepada pemainnya saat melawan Persibo Bojonegoro dalam laga persahabatan derbi Bengawan di Stadion Letjen H Sodirman Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (10/06/2018) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Pelatih Persis Solo, Jafri Sastra, turut menyoroti terkait penggunaan video assistant referee (VAR) pada Piala Dunia 2018.

Penggunaan video assistant referee (VAR) masih memunculkan perdebatan, termasuk di ajang Piala Dunia 2018 Rusia.

Jafri Sastra pun memiliki dua pandangan terkait penggunaan VAR termasuk jika diterapkan pada kompetisi sepak bola di Indonesia.

VAR dinilai bisa membuat wasit mengambil keputusan yang adil. Namun, di sisi lain juga mengurangi nilai emosional dalam sepak bola.

(Baca Juga: Pemain Ini Ungkap Perebutan Posisi Bek Tengah di Timnas U-19 Indonesia)

Bagi Jafri, penggunaan VAR bisa membuat jalannya pertandingan lebih jujur karena wasit akan membuat keputusan yang adil.

"Dengan VAR, semua kejadian yang di lapangan bisa terlihat jelas. Sehingga wasit bisa memiliki banyak pandangan untuk mengambil keputusan," kata Jafri kepada BolaSport.com, Sabtu (23/6/2018).

"Kredibilitas sepak bola lebih terjamin dengan pengunaan VAR," kata sang pelatih menilai.


Jumbotron di Stadion St Petersburg menunjukkan keputusan VAR yang menganulir penalti Brasil saat menghadapi Kosta Rika pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2018, 22 Juni 2018. (FIRZIE A. IDRIS/BOLASPORT.COM)