Sejarah Hari Ini - Kala Bulgaria Membuka Mata Dunia dengan Singkirkan Sang Juara Bertahan Jerman

By Verdi Hendrawan - Selasa, 10 Juli 2018 | 07:41 WIB
Penyerang timnas Bulgaria, Iordan Letchkov (kiri), saat merayakan gol yang ia cetak ke gawang Jerman dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 1994 di Giants Stadium, East Rutherford, Amerika Serikat, pada 10 Juli 1994. (JEAN-LOUP GAUTREAU / AFP)

Tim nasional Bulgaria saat ini memang tidak menjadi salah satu kontestan Piala Dunia 2018. Nama mereka pun tidak pernah menjadi salah satu favorit. Namun, salah satu negara di Tenggara Eropa itu setidaknya pernah menggebrak dunia.

Hal ini terjadi pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Kejutan timnas Bulgaria ini sudah terjadi sejak babak kualifikasi.

Meski hanya finis di posisi runner-up Grup 6 di bawah Swedia, timnas Bulgaria mampu mengungguli Prancis setelah meraih dua kemenangan dari Les Blues dengan skor 3-0 da 2-0.

Keberhasilan timnas Bulgaria lolos ke putaran final Piala Dunia 1994 itu menjadi kesuksesan keenam mereka pada sepanjang sejarah.

Namun pada lima keikutsertaan timnas Bulgaria di Piala Dunia sebelumnya pada edisi 1962, 1966, 1970, 1974, dan 1986, mereka tidak pernah sekalipun mampu meraih kemenangan dari lawan-lawanya.

Tampil sebagai tim kuda hitam, timnas Bulgaria secara mengejutkan mampu meraih pencapaian terbaik mereka di pentas Piala Dunia.

Meski mengawali langkah dengan kekalahan 0-3 dari Nigeria, timnas Bulgaria mampu bangkit dengan mengalahkan Yunani dan Argentina, masing-masing dengan skor 4-0 dan 2-0 untuk memastikan diri lolos ke fase gugur.

(Baca Juga: Terungkap! Gianluigi Buffon Ungkap Sosok yang Memengaruhinya Gabung ke PSG)

Kejutan timnas Bulgaria kembali berlanjut di fase gugur. Setelah berhasil menang melalui drama adu penalti dari Meksiko pada babak 16 besar, Bulgaria sukses membuka mata dunia di babak perempat final.