Rusia Diterpa Isu Rasialisme dan Dikriminasi Jelang Piala Dunia 2018

By Bayu Chandra - Kamis, 31 Mei 2018 | 14:59 WIB
Para pemain Perancis merayakan gol Antoine Griezmann ke gawang Jerman pada semifinal Piala Eropa di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016). ( VALERY HACHE/AFP )

Piala Dunia 2018 hanya tinggal menghitung hari, namun isu rasialisme dan diskriminasi di Rusia telah menimbulkan kekhawatiran oleh banyak fan negara peserta Piala Dunia 2018 

Ancaman isu rasialisme dan diskriminasi terhadap kaum Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) terus-menerus meningkat muncul di negeri Beruang Merah julukan Rusia itu.

Munculnya persoalan itu, lantas telah membuat beberapa penggemar  dan tim peserta Piala Dunia 2018 mengalami kekhawatiran.

Bukan saja soal diskriminasi persoalan masalah LGBT, kabar teranyar isu nyanyian rasialis, juga mulai terdengar diseluruh stadion yang berada di Rusia.

Dilansir BolaSport.com dari laman The Guardian, menurut data terbaru dari Fare Network dan Sova Centre yang berbasis di Moskwa menunjukan, ada peningkatan tentang nyanyian rasialis.

(Baca Juga: Piala Dunia 2018 - Jadwal Lengkap Grup C, Prancis Dikepung Tim Play-off)

Kejadian itu dicatat sejak 2012 dan merupakan laporan keenam dari lembaga tersebut, terkait diskriminasi sepakbola yang terjadi di Rusia.

Beberapa nyanyian bernada rasialis itu diantaranya adalah, nyanyian monyet, nyanyian neo-Nazi dan nyanyian anti-kaukasia dengan total 19 kasus pada musim 2017-2018.

Nyanyian bernada rasis itu pertama kali terjadi kepada para pemain dari tim nasional Perancis.

Kala itu, Les Bleus julukan Prancis melakukan pertandingan persahabatan dengan Rusia pada 27 Maret 2018, dan segelintir suporter klub menyanyikan nyanyian monyet ke beberapa pemain.