2 Piala di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Ini Diambil dari Nama Tokoh Indonesia, Ada yang Tahu?

By Susi Lestari - Rabu, 26 Juli 2017 | 15:06 WIB
Trofi Piala Sudirman yang diperebutkan pada kejuaraan beregu campuran antar negara, Piala Sudirman 2017, di Gold Coast, Australia, 21-28 Mei. (DJARUM BADMINTON)

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki segudang prestasi di cabang olah raga bulu tangkis. Tidak hanya prestasi, Indonesia juga memiliki dua tokoh bulu tangkis yang mempunyai peran besar.

Saking berpengaruhnya kedua tokoh asal Indonesia ini, Federasi Bulu Tangkis Dunia (Badminton World Federation/BWF) sampai mengabadikan mereka menjadi nama piala kejuaraan level dunia.

Berikut ini nama-nama trofi kejuaraan BWF yang inspirasinya diambil dari dua tokoh bulu tangkis Indonesia.

1. Piala Sudirman

Piala Sudirman merupakan lambang supremasi tertinggi untuk nomor beregu campuran dalam bulu tangkis dunia. Nama Piala Sudirman sendiri diambil dari nama tokoh bulu tangkis legendaris Indonesia, Dick Sudirman

Sudirman adalah mantan pebulu tangkis Indonesia. Selain aktif sebagai pemain, Sudirman juga pernah berkarier sebagai pengurus olah raga tepok bulu di Tanah Air.

Pada 1952, Sudirman mendirikan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Dia lalu menjabat sebagai Ketua Umum PBSI pada dua periode selama 22 tahun (1952-1963 dan 1967-1981).

Sudirman juga pernah menjabat Wakil Presiden Federasi Bulu Tangkis Internasional (International Badminton Federation/IBF) pada 1975. Perannya yang sangat besar membuatnya mendapat julukan "Bapak Bulu Tangkis Indonesia".

Sementara itu, di kancah internasional, Sudirman mendapat kehormatan dengan dijadikan sebagai nama trofi sekaligus kejuaraan beregu campuran.


Timnas Bulu Tangkis Korea Selatan berpose setelah menjuarai Piala Sudirman 2017. Korea mengalahkan China 3-2 pada babak final di Carrara Sports Indoor Stadium, Minggu (28/5/2017).(BADMINTON INDONESIA)