Tragedi Kartu Merah di Bulu Tangkis, Salah Satunya Gara-gara Menggigit Kuku

By Susi Lestari - Kamis, 27 Juli 2017 | 10:34 WIB
Pebulu tangkis ganda putri nasional, Greysia Polii, ketika sedang menjalani wawancara jelang Olimpiade Rio 2016 di pelatnas bulu tangkis, Cipayung, Jakarta, Rabu (20/7/2016). (KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS.COM)

Satu hal yang menarik dari cabang olah raga bulu tangkis adalah pemberian kartu merah.

Kartu merah di bulu tangkis tak sama dengan kartu merah di sepak bola.

Pemberian kartu merah di bulu tangkis merupakan ganjaran karena pemain-pemain bulu tangkis melakukan kesalahan-kesalahan yang disengaja untuk menguntungkan dirinya sendiri.

Sepanjang perhelatan ajang bulu tangkis yang pernah diselenggarakan, ada beberapa kejadian mengenai pemberian kartu merah.

Redaksi BolaSport.com telah menyiapkan tiga tragedi kartu merah di bulu tangkis, salah satunya gara-gara menggigit kuku.

3. Greysia Polii/Meiliana Jauhari mendapat kartu merah karena berusaha menghindari lawan yang ditakuti

Pemberian kartu merah kepada pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari terjadi saat babak penyisihan Olimpiade London 2012.

Saat itu Greysia Polii/Meiliana Jauhari berhadapan dengan Ha Jung Eun/Kim Min Jung dari Korea Selatan.

Disinyalir mengetahui jika pemenang pertandingan di laga tersebut akan bertemu dengan pasangan nomor satu dunia Wang Xiaoli/Yu Yang asal China, kedua pasangan Indonesia dan Korea Selatan tersebut bermain ogah-ogahan.

Dua pasang pasang ganda putri Indonesia dan Korea Selatan yang bermain untuk kalah itu pun akhirnya mendapat kartu merah.