5 Berita Populer Olimpik - Insiden Bendera Indonesia yang Terbalik hingga Walk Over Tim Sepak Takraw karena Merasa Dicurangi

By Susi Lestari - Senin, 21 Agustus 2017 | 13:57 WIB
Wasit asal Singapura, Muhammad Radi, dinilai telah mengeluarkan keputusan kontroversial saat laga sepak takraw putri antara Malaysia dan Indonesia, di Kuala Lumpur, Minggu (20/8/2017). (Dok. Kemenpora)

SEA Games 2017 memasuki hari ke-7 pada Minggu (20/8/2017). Pesta olahraga antar-Negara kawasan Asia Tenggara ini masih akan digelar hingga 30 Agustus 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik menjadi topik yang hangat dibicarakan pada Minggu (20/8/2017).

Kesalahan fatal yang dilakukan Malaysia ini ditemukan pada buku panduan resmi SEA Games 2017 dan di koran lokal terbitan Malaysia.

Dari ajang SEA Games 2017, berikut adalah lima berita populer kanal Olimpik BolaSport.com dari insiden bendera Indonesia yang terbalik hingga aksi walk out timnas putri sepak takraw Indonesia saat melawan Malaysia.

1. Presiden Joko Widodo Angkat Bicara tentang Insiden Bendera Terbalik

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik pada SEA Games 2017 bukan persoalan sepele.

Bendera adalah lambang negara yang penggunaannya diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Karena persoalan ini diatur oleh UU, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta Malaysia meminta maaf secara resmi.

2. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Minta Maaf Terkait Bendera Indonesia yang terbalik

Khairy Jamaluddin menyampaikan permohonan maaf atas kejadian bendera Indonesia terbalik.