Peraih Emas Olimpiade Ini Harus Pensiun di Usia 19 Tahun, Alasannya Menyedihkan!

By Aditya Fahmi Nurwahid - Selasa, 29 Agustus 2017 | 07:24 WIB
Yulia Lipnitskaya saat membela Rusia di ajang Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014 pada cabang olahraga skating (SPUTNIK INTERNATIONAL)

Kabar mengejutkan datang dari dunia skating, ketika salah satu atlet terbaik skating dunia asal RusiaYulia Lipnitskaya, memutuskan pensiun di usia belia pada Senin (28/8/2017).

Berita ini tersebar setelah media olahraga Rusia, R-Sport, memberitakan pernyataan pensiun Yulia dari presiden Federasi Seluncur Indah Rusia (Figure Skating Federation of Rusia).

"Ia masih terdaftar sebagai cadangan tim nasional. Kami harus menunggu pernyataan dari Yulia, sebelumnya (pernyataan pensiun) tersebut hanya pembicaraan," ucap Valentin Piseev, presiden Federasi Skating Rusia dikutip BolaSport.com dari R-Sport.

R-Sport juga memberitakan, rencana Yulia Lipnitskaya ini sebenarnya sudah diutarakan kepada Federasi Skating Rusia sejak bulan April 2017.

Yulia Lipnitskaya harus gantung sepatu di usia yang masih sangat muda, 19 tahun.

Hingga kini, penyebab yang diketahui sebagai pangkal mengapa sang atlet pensiun adalah alasan kesehatan.

Ibu Yulia Lipnitskaya menyatakan bahwa anaknya akan fokus untuk melakukan terapi anoreksia, suatu masalah kesehatan jiwa yang mana pengidapnya terobsesi untuk memiliki tubuh kurus dan sangat takut jika mereka terlihat gemuk.

Sebelumnya, Yulia merasa bahwa ia sangat ketakutan jika berat badannya lebih dari 37 kilogram.

Ini adalah akibat yang ditimbulkan ketika ia harus mempertahankan berat badannya untuk tetap berada di kelas seluncur indah (figure skating).


Presiden Rusia, Vladimir Putin, memuji penampilan Yulia Lipnitskaya pada Olimpiade Musim Dingin Sochi 2014(RUSSIASPORT.RU)