Jabar Tak Jumawa, Sebut Jatim, Jateng, Juga DKI Favorit di Liga Pelajar U-16 Piala Menpora

By Ram Makagiansar - Kamis, 31 Agustus 2017 | 16:58 WIB
Manajer Fanshop FC, Firman (tengah) didampingi pemain dan official Fanshop FC menunjukan Trofi Piala Menpora regional Jawa Barat di toko The Original Viking Fanshop, Jalan Bengawan, Kota Bandung, Selasa (22/8/2017). (FIFI NOFITA/BOLASPORT.COM)

Putaran final atau seri nasional Liga Pelajar U-16 Piala Menpora 2017 segera dihelat di Jateng. Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jaya, dan Jateng dianggap kandidat juara musim 2017 ini.

Tahun lalu, saat putaran final digeber di Stadion Delta Sidoarjo, skuat Jawa Barat tampil sebagai juara dengan menaklukan tuan rumah dengan skor 4-0.

Jabar ketika itu diwakili Diklat Persib sementara Jatim diwakili Persebaya Yunior.

Final tersebut dilaksanakan bertepatan dengan acara puncak di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2016.

"Jabar memang mungkin diunggulkan melihat hasil tahun lalu. Tapi mengabaikan Jateng, Jatim, dan DKI tentu tidak bisa. Bahkan, daerah lain bisa memberi kejutan," kata TB Wahyudinsyah, koordinator Liga Pelajar U-16 Piala Menpora wilayah Jawa Barat.

(BACA JUGA: Setelah SEA Games 2017, Luis Milla Punya Rencana Besar untuk Sepak Bola Indonesia)

Termasuk, katanya, Yogya, karena daerah Istimewa itu juga akan menggelar berapa pertandingan. Otomatis juga jadi salah satu tuan rumah.

Jabar sendiri untuk tahun ini diwakili juara provinsi Fanshop (Bandung). Sementara Jatim dengan juara Persekabpas Kab.Pasuruan, Jateng dengan Bintang Pelajar Temanggung, dan Yogya mengutus SSB Batu Retno.

"Persaingan akan tetap ketat. Yang jelas event ini akan menghadirkan potensi pesepakbola muda dari seluruh Indonesia," ujar Asdep Olahraga Pendidikan Bidang Pembudayaan Kemenpora, Drs Arifin Madjid MM.

Sementara U-14 yang digawangi Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (Blispi) juga mengedepankan persaingan Jabar versus Jatim juga.